Search site


Contact

Asmarahadi

E-mail: aasmarahadi@yahoo.co.id

Kontraversi G 30 S PKI part 1

12/03/2010 13:45

Kontraversi G 30 S PKI (1)

PKI Surakarta Bubar

Djakarta, 3 Nop. (ABRI)
Berita menjusul dari Djawa Tengah jang disampaikan kepada Pusat Pemberitaan Angkatan Bersendjata, menjatakan bahwa pada tanggaI 28 OktOber 1965 jg baru lalu di Ketjamatan Ketandan Kota Klaten, djam 10 pagi sedjumah 3000 orang anggauta PKI telah datang menjerahkan diri kepada ABRI. Sebab2 penjerahan diri itu dikatakan, karena mereka tadinja tiada mengetahui sama sekali bahwa maksud2 djahat dan biadab daripada PKI untuk mengadakan perebutan kekuasaan dari Pemerintah jang sjah dan mengadakan penjembelihan masal terhadap ummat Muslimin dan rakjat jang tidak berdosa.
Mereka tertipu:
Dikatakan oleh orang jang menjerahkan diri kepada ABRI itu, bahwa PKI tadinja telah mengelabuhi mata mereka dengan berbagai matjam tjara tipu muslihat, dan malahan djuga PKI telah mempergunakan nama Tuhan untuk melakukan perbuatan jang sangat terkutuk oleh perikemanusiaan bahkan oleh agama maupun djuga.
Karena kesadaran terhadap perkosaan nama Tuhan dan agama gembong PKI itulah dan melihat kenjataan jang mereka lakukan itu pun bertentangan dengan djandji semula, maka mereka datang untuk menjerahkan diri kepada ABRI dan alat Negara, peristiwa penjerahan diri setjara masal oleh bekas anggota PKI itu telah disaksikan oleh Dan Sek Ketanda alat2 Negara serta rakjat setempat. Berita itu selandjutnja menegaskan, bahwa peristiwa penjerahan diri oleh bekas angauta PKI sebanjak 3000, orang itu telah berdjalan dengan tertib, tanpa timbul sesuatu insiden dari pihak massa Rakjat dan kaum muslimin setempat.
Djuga PKI Surakarta menjatakan membubarkan diri. Sehubungan dengan itu, sebuah berita lain jang disampaikan kepada Pusat Pemberitaan Angkatan Bersendjata menjatakan bahwa djuga didaerah Surakarta PKI beserta seluruh Ormas Orpolnja jang berada didaerah itu telah menjatakan membubarkan dlri.
Peristiwa jang sama ini telah disusul pula oleh ranting2 PKI sepandiang, (Tawangmangu) dan PKI ranting Ngadirejo (Wonogiri) beserta Ormas2 nja. Dalani pada itu, djuga. eks PKI Ketjamatan Matesih (Karanganjar) Surakarta dengan selulruh ranting2nja beserta ormas2nja jang sehaluan djuga telah menjatakan bubar. Ad'a pun upatjara membubarkan diri oleh PKI Karanganjar tersebut berlangsung didepan Tjatur Tunggal setempat serta oleh massa PNI. dan Katholik.
Patut diberitakan di Klaten sebah P.T. jang bernama PT "Voptext" telah diambil alih oleh Pekuper TK II Klaten karena P.T. tersebut tersangka keras terlibat dan dimiliki oleh oknum2 apa jang menamakan dirinja "Gerakan 30 September". Demikian berita2 terachir dari Djawa Tengah jang diterima Pusat Pemberitaan Angkatan Bersendjata.

Sumber: Kompas, 4 November 1965

Bookmark and Share