Search site


Contact

Asmarahadi

E-mail: aasmarahadi@yahoo.co.id

Osilator Gelombang Sinus Variabel (15 to 150kHz)

19/04/2010 13:37

Ini adalah rangkaian osilator gelombang sinus yang mencakup rentang frekuensi 15 sampai 150kHz dalam empat langkah diaktifkan. Dua kondisi yang ada untuk osilator sinusoidal. Regeneratif atau umpan balik yang positif, dan keuntungan persatuan loop tertutup. Kerugian pada rangkaian umpan balik Wien, adalah seperti bahwa gain loop terbuka penguat juga harus melebihi 3.

 

Skema rangkaian osilator sinus variabel


Keuntungan rangkaian disediakan oleh jenis FET op-amp (LF351), tetapi LF351 mungkin sulit untuk mendapatkan, untuk pengganti Anda dapat menggunakan TL071CN atau TL081CN. Kode urutan Maplin adalah RA70M RA67X dan masing-masing. Jaringan Wien adalah kombinasi paralel dari resistor dan kapasitor, di seri dengan jaringan RC seri. Regeneratif diterapkan umpan balik dari keluaran op-amp, ke input serail RC dan terus. Stabilisasi diperlukan untuk mencegah osilasi dinyatakan tidak terkendali dari membangun dan menjadi tidak stabil.

Ada dua metode umum untuk menstabilkan jenis osilator Wien. Sebuah termistor dengan NTC di kaki rangkaian loop umpan balik atau lampu pijar (dengan koefisien temperatur positif) di kaki paralel dari loop umpan balik. bohlam yang digunakan di sini adalah jenis 6V Maplin BT99H kode 60mA. Sebuah bola lampu 12 Volt atau 40mA 60mA rate juga akan bekerja. Penataan bekerja sebagai berikut umpan balik. Sebagai filamen bohlam memanas meningkatkan ketahanan. Hal ini akan mengurangi keuntungan keseluruhan penguat, sebagai sinyal output adalah makan kembali ke input.Similarly, jika output dari amplitudo sinyal menurun tampil di bola lampu akan kurang, resistensi filamen yang akan drop dan mendapatkan akan meningkat . Oleh karena itu amplitudo keluaran yang stabil diproduksi. Preset 1k disesuaikan dengan distorsi minimal. Perhatikan bahwa pasokan split digunakan dan memerangi 10k Potensiometer kontrol dengan rentang frekuensi 10:1.

Bookmark and Share